4 Keuntungan Memelihara Puyuh Mulai Dari DOQ (Day Old Quail)



Dinamika beternak puyuh di zaman sekarang lebih dinamis dari pada 10 tahun lalu. Kira-kira 10 tahun lalu, sekitar tahun 2006 saya pernah mencoba beternak puyuh 1000 ekor dan gagal. Dulu ketika puyuh kena snot saja bingungnya minta ampun. Ketika mau nyari referensi bagaimana cara mencampur pakan, cara membuat kandang, dan lain-lain harus jalan ke peternak lain.

Sekitar 10 tahun lalu, ketika teman saya mulai beternak puyuh dan sukses, saya akhirnya tertarik bertanya-tanya tentang bagaiamana beternak puyuh. Bagaimana membuat kandang? Bagaimana desain kandang untuk anakan (kutuk) puyuh? Pakan apa yang digunakan? Tapi semua pertanyaan itu mentok karena masih minimnya informasi.

Tapi sekarang? Semua informasi tentang segala hal peternakan puyuh melimpah. Tak terkecuali dengan informasi cara mengurus DOQnya.

Nah, pada perjumpaan kali ini Dunia Puyuh akan membahas tentang beberapa keuntungan jika kita mulai memelihara puyuh sejak kutuk (DOQ). Berikut penjelasannya:

1. Bisa Menentukan Jenis Bibit Sendiri

Sekarang dunia breeder (penetasan/pembibitan) sudah seperti jamur di musim hujan. Tumpah ruah kemana-mana, mulai dari yang kecil, besar dan pabrikan juga ada. Dengan banyaknya breeder dan nama-nama yang diberikan pada hasil produknya kita bisa memilih dengan lebih leluasa.

Mungkin pertanyaan selanjutnya, bagaimana kita bisa menentukan jenis puyuh yang berkualitas?

Jawabnya adalah pada suara pasar dan garansi yang diberikan oleh breeder. Suara pasar bisa kita lihat pada banyaknya endors dan feedback dari para pelanggan yang pernah membeli produk tersebut.


Sementara yang dimaksud dengan garansi adalah jaminan dari para produsen terhadap produknya jika mengalami gagal panen/produksi atau dismiss dari janji-janji promosinya. Misal, tiba-tiba anakan puyuh mati mendadak setelah sehari setelah kedatangan padahal cara perawatan yang kita lakukan sudah sesuai dengan standar SOP. Maka breeder yang berkualitas tentu saja akan bertanggung jawab mengganti kerugian kita.

2. Control Pakan dan Minum
pakan puyuh

Salah satu keuntungan jika kita memelihara puyuh mulai dari kutuk (DOQ) adalah kita bisa mengontrol pakan dan minum (vitamin) yang kita berikan. Diumur 1 hari- 7 hari, misalnya, kita bisa menentukan jenis pakan pabrikan yang bagus menurut kita. Kita bisa memilih misalnya, ingin memberi pakan puyuh dengan pakan puyuh starter atau pakan ayam starter yang sudah digiling lembut.

Selain itu kita juga memproyeksikan DOQ kita nanti mau sebesar apa dan untuk tujuan apa. Misalnya DOQ mau kita jual pulletnya, maka strategy feeding (pakan) juga bisa kita lakukan. Misalkan dengan sejak awal menggunakan 511 yang kandungan lemak dan proteinnya cukup tinggi sehingga membuat puyuh bisa gemuk-gemuk berisi.

Soal minuman/ vitamin juga begitu. Dihari-hari pertama kedatangan puyuh kita bisa memberi air gula atau air isotonik atau obat semisal therapy dan lain sebagainya. Kita juga bisa memilih ingin memakai vitamin apa setiap harinya, dari pabrikan apa dan merek apa yang kandungannya bisa kita baca dicover belakang setiap bungkusnya.

3. Vaksinasi yang Terjadwal
Kalau kita berkunjung ke poultry shop (PS) langganan kita, kita bisa meminta jadwal vaksinasi untuk ternak kita. Misalnya puyuh umur 3 hari itu vaksinnya apa to? Kalau sudah umur seminggu apa vaksinnya? Trus kalau sudah bertelur apa juga harus di vaksin juga? Maka PS langganan anda nanti akan memberikan brosur jadwal vaksinasi ternak sesuai standarnya.

Kenapa harus terjadwal? Nah, pertanyaan ini kembali pada “4 kunci Penting beternak Puyuh” tentang bagaimana pentingnya bio security. Sama seperti bayi, ana waktunya kapan harus minum ASI, kapan boleh minum susu formula, kapan boleh makan bubur dan seterusnya. Puyuh juga begitu, kapan harus di vaksin ND, kapan harus ND Ib, kapan ND kill, kapan Gomboro dan lain sebagainya. Semua ada urutan klinisnya yang dianjurkan oleh dinas peternakan.

4. Low Cost Production (Menekan Biaya Produksi)
Kalau kita bisa melakukan Standar Operasioanal Production (SOP) memelihara DOQ dan berhasil menekan angka kematian kutuk (DOQ) seminimal mungkin, maka sama dengan kita bisa menekan biaya produksi kita di perkutukan ini.
Karena itu belajar dan bertanya kepada yang sudah berpengalaman harus kita lakukan. Dan untuk berlatih memeliharanya, kita mulai dengan sedikit dulu. Kalau sudah berhasil baru kita bisa memelihara lebih banyak.

Secara finansial, menurut perhitungan pribadi saya, paling tidak kita bisa menghemat uang minimal 500 ribu jika dibanding kalau beli pullet. Dengan catatan kematiannya tidak banyak.

Tapi jika masih ragu untuk memelihara mulai dari DOQ, atau karena alasan tertentu (termasuk budget melimpah) harus membeli pullet, silahkan beli pullet. Toh sekarang banyak sekali penjual pullet yang juga berkualitas.
Ok, semoga bermanfaat sobat....

Jika ada yang berminat mencicipi melnu olahan daging puyuh, silahkan kuncungi fanpage Puyuh Queen kami di FB, atau kontak kami by WhatsApp di 085790380475.


Puyuh Krispy
puyuh
Karkas Puyuh
puyuh
Catering
puyuh

    Puyuh Queen Menyediakan:
  • 1. Karkas Puyuh
  • 2. Catering
  • 3. Karkas Ungkep
Berminat? Silahkan Hubungi kami by WhatsApp 085790380475

Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu



Bakar batu (Lava Grill)
Bakar batu adalah inovasi pangang memanggang. Bisa digunakan untuk membakar ayam, ikan, daging, sossis dll
Berminat? hubungi WhatsApp 085790380475










Kerintang, Keriting Kentang dengan berbagai varian Rasa
1. Rasa Bawang putih ebi
2. Rasa pedas ajah 3. rasa pedas manjah

Berminat? hubungi WhatsApp 085790380475

</!doctype html>

Tidak ada komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();