Apakah Warna Lampu Berpengaruh Terhadap Produktifitas Puyuh?


warna lampu puyuh, produktifitas puyuh
Secara umum para peternak akan mengoptimalkan stabilitas suhu ruang pada anakan puyuh (DOQ) untuk mencari aman. Jarang sekali yang memperhatikan jenis warna lampu yang digunakan. Kenapa begitu? Ya karena yang kita tahu peternak-peternak yang lebih dahulu eksis begitu memberikan pelajaran, lagipula ngapain ngambil resiko pakai warna lampu yang berbeda kalau hasilnya belum begitu bisa dibuktikan?

Pada pertemuan kali ini Dunia Puyuh akan membahas sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Universitas Brawijaya yeng berhubungan dengan produktifitas puyuh.

Suatu ketika pernah ada yang membahas hal ini di salah satu group, tapi entah kenapa masih berlaku di dunia ternak puyuh bahwa lampu buat DOQ ya cukup dop/lampu bolam yang kuning itu, asal kutuk puyuh aman dan tidak ngumpul dibawah lampu dunia sudah aman.





Ada penelitian menarik yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya tentang pengaruh warna lampu terhadap produktifitas telur dan konsumsi pakan. Pada penelitian tersebut puyuh umur 1 (satu) hari sampai 44 hari diberikan warna lampu yang berbeda. 1 kandang diberi lampu warna kuning. 1 kandang lain diberi warna lampu merah. Dan 2 lainnya masing-masing diberi lampu hijau dan biru. Lalu apa yang terjadi?

Burung puyuh dengan pemberian warna lampu merah dan kuning mempengaruhi tingkat konsumsi pakan yang lebih tinggi dibandingkan dengan warna hijau dan biru. Dengan keadaaan seperti ini otomatis akan berpengaruh pada berat badan pada puyuh.

Jadi intinya kalau peternak pengen puyuhnya gemuk-gemuk berisi, maka pakailah warna lampu merah atau kuning. Karena warna lampu ini akan memberikan rangsangan pada puyuh untuk lebih rajin makan-makan.

Pertanyaan berikutnya muncul, lalu apakah jika konsumsi pakan bertambah berarti produksi telur juga akan meningkat?

Pada tabel diatas memperlihatkan bahwa P4 (penyinaran dengan warna biru) mempengeruhi tingkat produktivitas rerata burung puyuh. Apa artinya? Artinya meningkatnya konsumsi pakan tidak semerta-merta memberikan dampak pada peningkatan produktifitas pada puyuh.

Loh kok begitu? Iyup, dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa unggas itu mempunyai alarm otomatis dalam tubuhnya, dimana ketika unggas telah terpenuhi energinya maka ia akan mengurangi makannya, dan bahkan sampai berhenti makan.

Nah, itulah bedanya kita dengan unggas. Kalau unggas udah kenyang dia berhenti. Kalau kita? kita mah ketika sudah kenyang pun, ketika ada yang ngajak makan gratisan, ya udah kita hajar aja itu makanan.


Jadi, ada baiknya kita coba mulai sekarang. Kita coba cat dah itu warna lampu bohlam menjadi warna biru untuk membuktikan kebenaran penelitian tersebut.

Kemudian untuk melengkapi pengetahuan tentang pengaruh cahaya terhadap peningkatan konsumsi dan produktifitas puyuh ini, kamuh kamuh sekalian bisa download filenya disini. Pakai bahasa indonesia kok. Jangan kwatir.
Sekian, semoga bermanfaat...!!!


Puyuh Krispy
puyuh
Karkas Puyuh
puyuh
Catering
puyuh

    Puyuh Queen Menyediakan:
  • 1. Karkas Puyuh
  • 2. Catering
  • 3. Karkas Ungkep
Berminat? Silahkan Hubungi kami by WhatsApp 085790380475

Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu



Bakar batu (Lava Grill)
Bakar batu adalah inovasi pangang memanggang. Bisa digunakan untuk membakar ayam, ikan, daging, sossis dll
Berminat? hubungi WhatsApp 085790380475










Kerintang, Keriting Kentang dengan berbagai varian Rasa
1. Rasa Bawang putih ebi
2. Rasa pedas ajah 3. rasa pedas manjah

Berminat? hubungi WhatsApp 085790380475

</!doctype html>

Tidak ada komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();