Merek Pakan Puyuh Petelur Yang Populer di Kalangan Peternak

pakan puyuh, pakan puyuh petelur, merek pakan puyuh, pakan puyuh self mix

Sebagai industri unggas terbesar ke tiga setelah Ayam Ras dan Broiler, Puyuh ternyata kini juga mulai ramai diternakkan. Buktinya, berdasarkan data dari kementerian peternakan tahun 2016 populasi puyuh petelur di Indonesia mencapai 12 juta ekor. Data lengkapnya (per daerah) bisa dilihat disini.

Papulasi sebesar itu ternyata membuat para produsen pakan unggas di Indonesia mulai ‘ngiler’ dan akhirnya ramai-ramai bersaing mengeluarkan produk puyuh petelur. Mulai dari produsen yang lokal, nasional, bahkan juga pemain international yang sudah lama ada di Indonesia tak mau kalah satu sama lainnya.

Pakan puyuh petelur sendiri adalah hal yang pokok pakai bingitz bagi para peternak. Lha bagaimana tidak, hampir 80% modal uang habis dibelanjakan di pakan ini. Karena itu, sangat wajar jika para produsen pakan dituntut untuk berlomba menyediakan pakan yang berkualitas bagus dan terutama sekali murah dari sisi harga.

Sekarang bukan zamannya fanatik terhadap merek pakan tertentu. Terlebih di era informasi seperti sekarang. Karena kepuasan para peternak ada pada jaminan mutu, ketersedianan stok dan harga yang terjangkau.

Tiga-empat tahun yang lalu kita boleh saja membanggakan merek dari pockpand, atau cargill, tapi sekarang?? Tidak lagi. Asal standart nutrisi pakan sudah sesuai dengan SNI, maka pilihan akan jatuh kepada siapa yang paling murah.

Pada pertemuan kali ini, Dunia Puyuh akan mencoba mengulas beberapa pakan puyuh petelur yang populer di kalangan para peternak puyuh.

1. BP
Pakan satu ini bisa dikatakan raja dari semua pakan puyuh petelur. Para peternak senior maupun junior sudah pasti kenal dengan pakan ini. Mudah dijumpai di poultry manapun adalah salah satu keunggulan dari pakan satu ini. Jadi sangat bisa dimaklumi jika banyak dari peternak yang nggak bisa “move on” dengan merek satu ini.

2. QL
Menempati peringkat dua dari sekian banyak pakan yang ada adalah QL. QL ini bisa dikatakan antitesa dari pakan BP yang kondang di tengah masyarakat. Harganya yang lebih murah dari pada BP menjadikan pakan satu ini menjadi pilihan kedua. Ditambah lagi QL juga mengeluarkan dua varian produk. Yaitu, Orange dan Blue.

Jika BP dipilih oleh masyarakat karena lebih tua dan lebih senior dari pada yang lainnya, maka QL menjadi pilihan karena lebih murah.

3. PY3
Salah satu opsi pilihan yang menjadikan peternak memilih produk pakan adalah karena referensi dari saudara atau teman karib. Agaknya faktor inilah yang menyebabkan pakan PY3 dikenal di masyarakat. Karena di Blitar, Kediri, Tulungagung, sebagai sentra peternakan puyuh terbesar sangat jarang kita temukan pakan ini di poultry.

4. FB 504
Jika kita buat dua macam jenis peternak, maka kita akan menemukan 2 golongan besar peternak kita. 1. Peternak yang mau belajar, dan 2. Peternak yang Cuma ikut-ikutan.
Ciri mereka yang mau belajar adalah mempertimbangkan harga dan kualitas pakan dan tidak hanya ikut-ikutan tetangga atau teman sekitar dalam memilih merek pakan.
Bukti gelombang besar perpindahan mereka adalah adalah mereka yang pindah dari BP ke FB 504.


5. Kukila
Pakan yang satu ini terkenal karena pakan ini dikeluarkan oleh pabrik yang menaungi pembibitan burung puyuh. diproduksi di Jogja pakan ini kemudian menyebar sampai ke Blitar dan Jawa timur pada umumnya karena efek domino dari diterimanya puyuh jenis peksi oleh pasar.

Demikian diatas adalah beberapa merek pakan puyuh petekur yang banyak dipakai oleh masyarakat Blitar, Tulungagung, Kediri dan Jatim pada umumnya. Selain pakan diatas masih banyak merek-merek lain seperti halnya new hope, sinta, perkasa, pakan puyuh petelur produksi confeed yang beredar di masyarakat.

Diatas, sengaja tidak saya sebutkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pakan karena selain banyak yang mecampurnya dengan cara self mixing juga karena biasanya perbedaan jenis puyuh juga menghasilkan telur yang berbeda, meskipun pakannya sama persis.


3 komentar:

  1. Diantara pakan tersebut mana yang bagus bos dan yang mahal.

    BalasHapus
  2. Di jayapura-Papua ada gak ya distributor pakanan puyuh petelur?

    BalasHapus
  3. Brpa hari setelah dberikan pakan petelur baru puyuhx bertelur ???? Mohon pencerahanx ya suhu ... ???

    BalasHapus

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();