CATATAN UNTUK PARA NEWBIE DARI IMAM SYAFI'I

Telur puyuh murah, agen telur puyuh, jual telur puyuh, harga telur puyuh
Jual Beli Telur DUNIA PUYUH

Jika kita sepakati bahwa mastah puyuh adalah mereka yang sudah pada maqom mujtahid muthlaq mustaqil, maka ada baiknya kita sampaikan apa yang telah diwejangkan oleh Imam Syafi'i untuk para newbie. 

Karena pada hakikatnya, mastah itu dulunya juga newbie. Tersebab digembleng oleh waktu, pengalaman dan juga keadaan, termasuk bagaimana pahit getir nagih utang (ecieee... Curcol) maka sampailah mereka pada derajat seperti sekarang. Bisa membuat indukan sendiri, bisa masarin telurnya sendiri, bahkan bisa makan sambil buang hajat sendiri. 

Eh, itu yg terakhir jorok. Nggak perlu ditiru 😂

Seperti juga dulu kala Imam syafi'i kecil pernah berguru dan jadi newbie, termasuk jadi murid Imam Malik dan juga Imam Hanafi. 

Atau juga dulu bill gates yang pernah jadi murid stave job, dan atau mark zuckerberg yang pernah jadi murid bill gates. 

maka mari kita simak wisdom words Imam Syafi'i sebagaimana yang sering kita dengar dan hafal sejak dulu ngaji di TPA. 

1. Dzaka' (Cerdas/ Smart People) 

Seorang newbie itu dituntut untuk cerdas sejak awal berkarir. Jika ia harus berguru dan belajar, ia tidak sembarang pilih guru. 

Cari guru yang sudah terbukti keberhasilannya. Bukan guru yang cuman modal dagang dan asal laku saja. 

Kan ada tu guru yang memang kerjanya dari hasil ngadain seminar. Tapi nihil gede ditingkat penerapan. 

2. Hirs (Rakus Belajar)

Meminjam bahasa stave job: teruslah belajar dan tetaplah merasa bodoh. Istilah jawanya: Keep Learning and stay foolish.

Belajar itu bisa dengan membaca, mendengar dari penutur langsung, atau juga dari chanel youtube.

Belajar juga ada prioritasnya. Pertama, kalau mau jadi ternak berhasil, maka yang kudu dipelajari adalah manajemen peternakan, biosecurity, dan juga jenis penyakit serta obatnya.

Kalau mau jadi pemasar, ya belajar ilmu marketing.

Kalau mau jadi penetas, ya belajar ilmu sexing dan genetika.

3. Isthibar (Sabar/ Patient)

Jalan menuju sukses itu tidak ada yang mudah, gaes. Ada aja cobaanya. Ada yang kena tipu di bibit. Ada yang salah resep saat ngoplos pakan, ada juga yang boncos dipemasaran karena duit cuman bayar nota. Dlsb.

Jadi kudu sabar ngadepin itu semua. Karena nahkoda itu disebut hebat kalau sudah pernah menyebrangi badai. Bukan mereka yang cuman menaklukkan sungai.

4. Bulgoh (Modal/ Capital)

Akan halnya sebuah experiment butuh modal, maka bisnis juga butuh modal.

Modal disini bisa dalam arti modal uang (uang), sumber daya (Man), alat dan perlengkapan (machine) atau juga jejaring (link).

Terserah mau mengembangkan bisnis dengan modal apapun diatas. Bisa mengoptimalkan salah satunya, bisa dua atau keseluruhan.

Dalah hal ini, kami ingin dalam waktu dekat ingin membuat bisnis canvas model dengan dibawah platform GANDENGAN.

Platform yang akan menghubungkan antara pemilik lahan ngangur, kandang ngangur, dan pemodal yang tidak punya lahan/kandang.

5. Irsyadu ustadz (Personal Choach) 

Sekarang ini, di era millenial kita diuntungkan dengan banjirnya informasi. Kita jadi bisa belajar dari media dan kanal apapun dari siapapun.

Tapi yang tidak boleh dilupakan dari semua itu adalah mencari personal coach (guru pribadi) yang sudah terbukti berhasil.

Karena, pada dasarnya, tidak semua yang bisa bicara dan mempunyai chanel di media sosial adalah ahli.

Ada yang sedang mencari adsende. Ada yang cuman ingin mendokumentasikan pengalamannya sendiri, dan yang paling kacau adalah mereka yang mencari mangsa dengan membohongi.

6. Thuluz zaman (Never end and die)

Karena hidup itu dinamis, dan tantangan setiap zaman itu berbeda, maka belajar sepanjang usia tentu saja tuntutan mereka yang ingin berhasil.

Karena itu, maha benar bak truk yang berkata: Tidak ada Bisnis yang berhasil dalam waktu semalam kecuali pelac..... (tittttt... Sensor).

Dan semua wisdom itu terkumpul dalam syair kita dulu saat ngaji di mushola dan langgar.

Alaa laa tanalul ilma illa bi sittatin, saunbika an maj'mui lakal bayani * dzaka'in wa hirsin was tibarin wa bulghotin wa irsyadu ustadzin wa thulli zamani.

Salam Cinta Dan Sayang 😘
DUNIA PUYUH
Pusat Kemitraan Beternak Puyuh Plat AG
085790380475 


Tidak ada komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();