MENGEMBALIKAN PUYUH PADA KHITTAHNYA

MENGEMBALIKAN PUYUH PADA KHITTAHNYA

Beternak puyuh itu ibarat mengayuh sepeda. Untuk mendapatkan nikmat sehatnya harus merasakan lelahnya pada saat bersamaan.

Maka, aduhai dikau yang bukan nabi bukan wali, bukan malaikat apalagi sahabat nabi, kok bisa_bisanya antum ingin enak melulu tanpa cobaan disana-sini.

Itu kenapa belajar itu penting. Coaching itu penting. Agar jika kamu kena cobain dikit aja tidak perlu mraung-raung melebihi banci bunting.

Dalam strata perunggasan, puyuh itu adalah nomer sekian setalah tentu saja ayam petelur, bebek petelur, ayam arab, lalu puyuh.

Kok ada strata kayak itu??? Siapa yang buat? Siapa yang membuat survey??

Begini ya bapak-bapak budiman...

Jika dalam 1 warung dimana ada menu 4 daging unggas itu, maka pasti yg jadi idola utamanya ayam, lantas bebek, lantas lele, dan pasti trakhir puyuh. 

Itu sudah jadi rahasia umum pengelolala warung geprekan.

Tidak percaya??

Daging ayam sebut saja ada KFC, MCd, ada roket chicken, ayam bakar mas mono, sama ayam geprek yang banyaknya naudzubilah itu.

Warung bebek ada bebek jedir, bebek kaleo, bebek haji slamet dan bebek2 lain.

Sedang puyuh??? Yang terdengar besar baru 2. Warung sangrai di Bandung dan restonya PT yg ada  di jogja itu. Selebihnya warung penyetan ala2 lamongan.

Dalam analisis SWOT hal inilah yang menjadi weakness ( kelemahan ) puyuh dibanding unggas lain. Puyuh punya titik lemah disisi jumlah daging. 

Jika diukur dengan timbangan yg sama antara ayam, bebek dan puyuh, lalu di fillet (dibersihkan jeroan dan tulang) maka puyuh akan mendapat daging yg lebih sedikit dibanding ayam dan bebek.

Apalagi yg populer pada daging puyuh sementara waktu adalah puyuh afkir. Bukang puyuh pedaging. www.dagingpuyuh.com

Puyuh itu menang (Strong) dari segi lahan dan modal jika dibanding ayam/bebek. Itupun jika perbandinganya sama persis jumlah kepala.

Puyuh 1000 banding ayam 1000. Sudah pasti dan iyes puyuh punya kekuatan minim modal.

Keunggulan lain puyuh dibanding unggas petelur lain adalah di Return Back Periode (periode balik modal) yg lebih cepat dibanding yg lain.

Jika dalam masa 2 bulan ayam dari pecah telur ayam petelur masih bermain lompat tali, dan bebek petelur masih main renang2 di kali, puyuh sudah bunting kesana kemari. 

Akan tetapi, disaat yg sama titik itulah yg menjadi titik lemah puyuh berada.

Saking cepatnya siklus bayi-remaja-dewasa yg dimiliki puyuh, itu berati tidak butuh lama bagi mereka yg ingin ngejar harga (tinggi) untuk segera ngebom populasi. 

lalu, dimanakah letak mereka yg teriak-teriak sensi kesana kemari sambil mencari-cari kesalahan bakul pakan, bakul telur, dan bakul nota itu???

Letak mereka sudah pasti tak jauh dari batok tempurungnya. Sama seperti nasib kodok itu.

Mereka yg tak paham khittah puyuh dalam pusaran teori dasar kebutuhan, sudah pasti akan merasa tertipu karena tidak sesuai dengan harapan.

Khittah puyuh, terutama soal telur, sudah pasti berada dititik pelengkap menu makan. Bukan sebagai kebutuhan pokok.

Produk turunannya pun masih terbatas. Belum seluas sodarnya (telur ayam) yang digunakan sebagai bahan dasar roti, mie dan ceplokan harian.

Jadi, memahami khittah (kedudukan) telur puyuh di jalan ninjanya lebih penting sebelum bicara jauh2 soal visi bisnisnya.

Karena gagal paham hanya karena tergiur dari video youtube yang terlalu mengekpose klik bait semacam " Ternak puyuh seribu hasilnya jutaan perbulan" adalah sanad sesat yang hanya dipasarkan budak2 adsense kekinian.

Salam Sukses Peternak Puyuh Indonesia

DUNIA PUYUH
www.duniapuyuh.com
085790380475

Tidak ada komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();