Rumah Kandang Puyuh 2

Layaknya unggas lain seprti ayam dan bebek, puyuh (baik itu DOQ ataupun Petelur) juga harus diletakkan dalam rumah kandang. Fungsi rumah kandang ini antara lain untuk menjaga suhu, menjaga lingkungan sekitar dan juga untuk menjaga puyuh dari ancaman predatornya seperti kucing, tikus dan ular.
Biasanya kita sering berbeda istilah menyebut rumah kandang ini. Jika kita ketikkan kata penccarian di laman Google dengan kata kunci “kandang puyuh” maka daftar pencarian yang keluar adalah batrei (sebagian yang lain menyebutnya batrek). Atau bahasa lainnya adalah kandang kaloni puyuh. Karena itu disini saya menyebutnya sebagai rumah kandang saja untuk memudahkan pemahaman.

Permanen Atau Semi Permanen

Sebelum membuat kandang puyuh kita memang harus membuat pertimbangan terlebih dahulu. Apakah kita akan berternak puyuh sebagai sambilan, coba-coba atau memang sungguh-sungguh memeliharanya baik itu harganya sedang baik ataupun jeblok. Pertimbangan ini penting supaya kita tidak membuang-buang uang dan investasi kita.

Jika kita berniat beternak puyuh hanya masih sebatas coba-coba, maka kandang yang cocok sepertinya semi permanen. Struktur kandang semi permanen dan non permanen ini dibuat secara portable saja, bisa dibongkar pasang dengan relatif mudah, dan atau bisa digunakan untuk tempat lain dengan tanpa harus merusak struktur bangunan aslinya.

Sementara itu bangunan yang permanen adalah bangunan yang secara sengaja dibangun untuk beternak puyuh dalam jangka panjang. Strukturnya dibangun dengan bahan yang kuat dengan tujuan agar awet paling tidak untuk 5 tahun kedepan.

Bahan Rumah Kandang Puyuh
Pertimbangan tentang niat kita berternak puyuh akan menentukan jenis bahan yang akan kita gunakan. Kalau niat kita membuat kandang yang non permanen atau semi permanen, maka kita bisa membuatnya dari bahan-bahan yang relatif murah. Tiangnya dari bambu, atap bisa pakai rumbia atau jerami atau terpal, dinding bawah pakai seng agar tikus tidak bisa masuk, dan dinding atas bisa menggunakan gedhek.

Biasanya yang tidak bisa di semi permanenkan adalah lantai rumah kandang. Karena jika tidak kita plester dengan semen, akan rawan di lubangi tikus. Karena itu biasanya para peternak akan memplester rumah kandangnya. Kecuali kalau rumah kandang tersebut didiseain agar kotoran puyuh langsung jatuh ke tanah. Maka untuk kasus yang seperti ini memplesternya sering kali malah akan membuat kotoran puyuh tersebut menajadi basah dan susah kering.

Sebenarnya ada cara lain yang semi permanen yang bisa kita lakukan untuk menutup lantai rumah kandang, Yaitu dengan memasang cor block yang agak tebal. Dengan begitu jika suatu waktu kita tidak ingin berternak puyuh lagi maka cor block tersebut bisa kita bongkar dengan mudah.


Puyuh Krispy
puyuh
Karkas Puyuh
puyuh
Catering
puyuh

    Puyuh Queen Menyediakan:
  • 1. Karkas Puyuh
  • 2. Catering
  • 3. Karkas Ungkep
Berminat? Silahkan Hubungi kami by WhatsApp 085790380475

Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu



Bakar batu (Lava Grill)
Bakar batu adalah inovasi pangang memanggang. Bisa digunakan untuk membakar ayam, ikan, daging, sossis dll
Berminat? hubungi WhatsApp 085790380475










Kerintang, Keriting Kentang dengan berbagai varian Rasa
1. Rasa Bawang putih ebi
2. Rasa pedas ajah 3. rasa pedas manjah

Berminat? hubungi WhatsApp 085790380475

</!doctype html>

Tidak ada komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();