“Puyuhku Sudah Umur 40 Hari Lebih Tapi Belum Nelur, Kenapa Ya?”

kapan puyuh mulai bertelur, umur puyuh mulai bertelur

Pertanyaan diatas sering kali muncul di group, baik dari yang masih baru sekali masuk dunia peternakan puyuh ataupun mereka yang sudah terbiasa beternak puyuh. diantara juga mungkin juga ada yang bertenya demikian: “Umur udah lebih dari 40 hari, tapi kok belum ada yang kucur?”

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh A. Genchev, puyuh japonic rata-rata mulai bertelur antara umur 37-42 hari. Dengan catatan puyuhnya betina. Kalau puyuhnya jantan ya nggak nelur lah gaes. Katanya A. Genchev: “the data obtained from the nine generation of manchurian golden and paroeh breeds showed that the everage age of the first egg layed between 37-42 days”.

“lha, tenan tho. Lha terus nyapo kok puyuhku belum nelur?” Ok, gaes. Mungkin 3 alasan berikut bisa menjadi salah satunya.

1. Jenis Puyuh
Menurut penelitian A. Genches, jenis puyuh mempengaruhi awal bertelur. Puyuh jenis manchurian golden rata-rata mulai bertelur pada umur 42-49 hari. “Manchurian golden itu jenis puyuh yang piye?” mungkin ada lagi yang bertanya begitu.
Jawabannya: manchurian golden itu kalau di daerah sini biasa disebut golden atau autumn. Ciri-ciri warna bulu kuning keemasan.
Sementara itu puyuh jenis paroeh atau yang biasa kita sebut lokal (untuk yang kecil) dan jumbo paroeh (untuk yang besar), maka rata-rata puyuh jenis ini mulai bertelur antara umur 44-49 hari. Artikel lengkapnya bisa di dapat disini.

2. Karena Kelamin Belum Matang Sempurna
Sama dengan unggas lain, puyuh juga punya alat reproduksi yang punya masa reproduksi yang matang. Ada beberapa alasan yang menyebabkan alat reproduksi puyuh telat matang.
Tidak terpenuhinya Nutrisi dalam pakan menjadikan alat reproduksi puyuh telat matang. Alasannya ada beberapa sebab, bisa karena kita sengaja mengurangi makanannya, bisa karena pakan yang kita berikan tidak dimakan rata oleh semua puyuh, bisa juga karena disaat masih kecil puyuh terkena penyakit atau virus. Sehingga nafsu makannya berkurang.

3. Karena terkena penyakit
Salah satu sebab mundurnya produksi puyuh adalah karena sedang terserang penyakit. Biasanya puyuh yang sudah akan mulai bertelur punya rasa sensifitas yang cukup tinggi. Maka, jamak sekali kita dapati puyuh yang mulai kucur terserang penyakit seperti kolera, atau crd karena minumnya di gas poll.

4. Mungkin Puyuhnya Jantan
Nah ini dia nih. Kamu ternak puyuh karena ikut-ikutan doang apa sudah menambah pengetahuan seperti tanya-tanya pada yang sudah berpengalaman, baca-ba artikel atau baca buku? Jangan-jangan kamu bingung beda’in mana puyuh betina dan jantan? Ya kali kamu dulu beli kutuk/pulletnya sama orang yang jujur, kalau orangnya nggak jujur? Ya matilah kita.

Baiklah, segini dulu yang bisa saya tulis. Semoga bermanfaat.



Puyuh Krispy
puyuh
Karkas Puyuh
puyuh
Catering
puyuh

    Puyuh Queen Menyediakan:
  • 1. Karkas Puyuh
  • 2. Catering
  • 3. Karkas Ungkep

Berminat? Silahkan Hubungi kami by WhatsApp 085790380475



Bakar Batu
bakar batu



Bakar Batu
bakar batu



Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu




Bakar batu (Lava Grill)
Bakar batu adalah inovasi pangang memanggang. Bisa digunakan untuk membakar ayam, ikan, daging, sossis dll
Berminat? hubungi WhatsApp 085790380475












Kerintang, Keriting Kentang dengan berbagai varian Rasa
1. Rasa Bawang putih ebi
2. Rasa pedas ajah 3. rasa pedas manjah

Berminat? hubungi WhatsApp 085790380475


Tidak ada komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();