Gerakan Melek Ilmu Genetika Puyuh(Fikri Alfarizi) Editor: Taufan Zulfikar

acs puyuh, auto colour system, warna bulu puyuh

Pendahuluan
Auto Color Sexing (ACS) atau otomatisasi jenis kelamin dari warna bulu adalah ilmu yang tidak sembarang orang bisa mempelajarinya dengan mudah. Apalagi ketika mulai belajar kemudian membaca sketsa sexing. Jlimet, ribet, mumet, memet. Nah, perkara inilah yang kemudian mulai diurai oleh temen kita satu ini dengan gampang dan gamblang.Tanpa berpanjang kata, mari kita simak urainnya:

Pada pertemuan kali ini Dunia Puyuh mengajak sobat semua untuk mencrmati penjelasan yang disampaikan oleh salah satu master breeding dunia puyuh; Fikri Alfarizi.

“ANAKAN HITAM SEMUA”





Entah sejak kapan pemikiran ini muncul di kalangan peternak puyuh. Bahwa untuk mencetak Indukan Autocolour Sexing/ PS , BETINA nya di ambil dari filial/generasi yang HITAM SEMUA.

Rasa-rasanya sudah lelah diri ini mengingatkan bahwa hal itu adalah keliru, adalah sia-sia. Kenapa? Karena mencari Betina dari keturunan yang hitam semua, sama sekali tidak memberi nilai lebih terhadap Betina Hitamnya.

Betina tersebut tidak menjadi lebih kuat antibodinya, tidak lebih baik produksinya, tidak pula lebih bagus anakannya, tidak juga menjadikan lebih pasti anakannya Autocolour.

Betina dari anakan manapun (japonica) jika disilangkan sesuai dengan caranya Maka akan menghasilkan anakan Autocolour. Jadi tidak perlu repot-repot mengawinkan hitam vs hitam sampai 3 generasi untuk mencari anakan hitam semua, lalu dari anakan tsb diambil betina hitamnya untuk jadi indukan. Itu tidak perlu dan saya katakan sia-sia semata jika tujuannya membuat Indukan Autocolour/PS.

“Tapi om, saya kawinkan hitam vs hitam anakannya masih ada yg coklat??”

Saya sudah jelaskan berkali-kali kenapa coklat bisa muncul.
Tapi entah mengapa anda sekalian tidak juga menelaah dan memahami.

Kenapa masih muncul coklat pada filial (keturunan) hitam vs hitam Ialah karna Jantan Hitamnya masih memiliki gen resesif ( ZHZh ).

Lihat persilangan ini:
Jantan Hitam Resesif ( ZHZh )vs Betina Hitam ( ZHW )Hasilnya :ZHZH (Jantan Hitam dominan100% )

ZHW (betina hitam)

ZHZh (jantan hitam resesif)

ZhW (Betina Coklat )


Apa bisa di pahami ? Bahwa munculnya betina coklat pada perkawinan hitam vs hitam ialah karna Jantan hitam tsb masih memiliki gen resesif ( ZHZh ). Lalu kenapa bisa Hitam vs Hitam anakannya hitam semua?? Lihat pada hasil anakan diatas, ada yang namanya Jantan Hitam Dominan 100% ( ZHZH ).

Lihat pada hasil perkawinan pejantan hitam dominan 100% (ZHZH) ini dengan betina hitam (ZHW):

ZHZH vs ZHWHasilnya:ZHZH : Jantan Hitam Dominan 100%

ZHW : Betina Hitam

ZHZH : Jantan Hitam Dominan 100%

ZHW : Betina Hitam.


Apa bisa dipahami kenapa bisa perkawinan antara jantan hitam vs betina hitam menghasilkan hasil keturunan yang berbeda?

Penyebabnya bukan karena perkawinan tersebut baru 1 generasi maka masih ada keturunan yang coklat. Bukan pak!! Bukan!! (hal itu terjadi) karna yang bapak kawinkan adalah ZHZh maka itu masih muncul coklat.

“Lalu kenapa dari perkawinan hitam vs hitam bisa ada anakan hitam semua??? Karena perkawinan nya sudah 3 generasi??” Bukan pak!!! Bukan!! Karena yang bapak kawinkan adalah ZHZH maka anakannya hitam semua.

Apakah penjelasan Ilmiah ini kurang cukup membuat anda sekalian mengerti dasar ilmu persilangan pada puyuh??

Bersambung ke edisi 2.

semoga bermanfaat...




4 komentar:

  1. Mantap penjelasannya mas...tp msh banyak yg perlu ditanyakan,utk menghasilkan ZHZH dan ZHW,apkh dikawinkn lg dgn indunya atau kawin sesama lagi.

    BalasHapus
  2. Ciri jantan Hitam dominan atau ZHZH itu, seperti apa?

    BalasHapus
  3. Kromosom itu XY jantan betina XX coba pakai istilah ini, kemudian bagaimana dengan Gen warnanya misal kita simbolkan seperti bapak pakai H: hitam, h: coklat coba jelaskan pak, bagaimana kita pakai ZHW, saya tak mengerti sebab Kromosom itu jantan XY dan betina XX. klo mau, harusnya jantan yang ZHW dalam konteks ini. Coba dijelaskan pak

    BalasHapus
  4. pada mamalia jantan membawa kromosom kelamin XY sedangkan betina XX, pada aves atau unggas dengan sistem ZW, jantan ZZ dan betina ZW

    BalasHapus

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();