Kunci Penting Self Mixing (Oleh Iffat Azizi) Editor: Taufan Zulfikar


Salah satu biaya produksi terbanyak dalam beternak puyuh adalah biaya pakan. Karena itu tidak sedikit dari peternak yang berusaha sekuat tenaga menekan biaya pakan sedemikian rupa demi untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Salah satu yang dilakukan oleh mayoritas peternak adalah self mixing (mencampur pakan sendiri)


Harga pakan yang naik-turun tanpa perasaan sering kali membingungkan para peternak. Terlebih saat harga telur murah meriah. Karena itu tak jarang dari peternak yang menggunakan strategi self mixing agar tetap eksis dari pada memberikan pakan engkel (pakan langsung dari pabrik).


Namun jangan dikira self mixing itu bisa dilakukan sembarangan tanpa ada ukuran jelasnya. Karena jika nutrisi pakan yang dihasilkan dari pself mixing ternyata malah dibawah standart minimal yang dibutuhkan puyuh, maka celaka. Puyuh bakal ngambek, nggak mau nelur. Tidak jarang bahkan puyuh sampai galau, stress, akhirnya ngambek nggak nafsu makan. Lalu akibatnya? Telur anjlog fantastis.


Sebelum kita membahas hal apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan self mixing yang maksimal, mungkin ada baiknya jika kita simak dulu kebutuhan nutrisi puyuh layer berikut ini:


Nah, bisa baca kan ya data diatas? Kalau kagak bisa ya belajar. Gampang itu mah. Sekarang yang harus diperhatikan adalah cara mendapatkan campuran yang ideal. Bagaiamana kah caranya?Cara mendapatkan campuran pakan yang ideal adalah dengan mengkonversi pakan menjadi persen (%).


Tapi sebelum itu mungkin juga ada baiknya kita mengetahui beberapa kandungan nutrisi bahan baku yang biasa kita gunakan untuk mencampur pakan. Berikut adalah kandungannya:






Nah sekarang mari kita buat contoh perhitungannya, seumpama kita mau nyampur pakan dengan komposisi sebagai berikut:

1. BP 50kg

2. 144 25kg

3. Jagung 12kg

4. Katul 50kg

5. Mineral 1kg

6. Premix 2.5 kg


Jumlah keseluruhan pakan diatas adalah 140.5kg
Nah, sekarang mari kita konversikan kedalam bentuk persen (%)


1. Bp=50kg:140,5 =35,6%

2. Sentrat 144=25kg:140,5 =17,8%

3. Kattl=50kg:140,5 =35,6%

4. Jagung=12kg:140,5 =8,5%

5. Mineral=1kg:140,5 =0,7%

6. Premix=2,5kg:140,5 =1,8r%


100%
Nah, sampai sini sudah paham apa malah tambah bingung. Kalau masih bingung, mari kita diskusikan.


Ok. Semoga bermanfaat...





Tidak ada komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();