Untung-Rugi Penggunaan Kandang Pembesaran Postal dan Box Tingkat


kandang litter, kandang puyuh

Akhir-akhir ini ada beberapa anggota group yang memposting gambar tempat pembesaran puyuh yang berbentuk postal. Sudah pernah mendengar apa itu kandang postal? Belum ya? Kandang postal adalah kandang lantai yang mempunyai lantai litter yang mempunyai sifat serap air yang baik.

Pada pertemuan kali ini Dunia Puyuh akan mencoba membahas perbedaan penggunaan kandang postal dan box bertingkat dalam pembesaran doq. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak manfaat jika kita memelihara puyuh mulai dari DOQ. Informasinya bisa dibaca disini.

Ada beberapa macam alas yang digunakan kandang berbentuk postal. Sebagaimana yang dijelaskan oleh medion, alas dari kandang postal ini bisa dari sekam, bekas gergajian kayu, kulit kacang, jerami, kertas giling dan lain-lain. Intinya alas tersebut bisa menyerap dengan baik kotoran dan juga air minum puyuh.

Kandang postal ini dulu umum digunakan dalam peternakan ayam pedaging dan petelur. Seiring dengan berlalunya zaman kandang pembesaran ayam dibuat berbentuk panggung. Lalu sekarang kandang ini mulai nge-trend kembali untuk pembesaran puyuh.






Kelebihan utama dari kandang berbentuk postal adalah kemampuannya dalam menstabilkan suhu kering lantai. Karena sifatnya yang terbuat dari bahan yang punya daya serap yang tinggi memungkinkan puyuh/ ayam nyaman. Selain itu sifat bahan litter seperti sekam juga dapat menyimpan suhu yang berasal dari penghangat suhu.

Sedang bagi pembesaran puyuh, kandang sistem postal cukup menarik. Sifat puyuh yang sering ceker-ceker pakan sehingga banyak pakan yang terbuang dari tempatnya bisa tetap dimakan oleh puyuh. berbeda jika yang digunakan adalah kandang box tumpuk. Kalau pakan sudah jatuh ke tempat kotoran puyuh, tidak mungkin puyuh memakannya.

Kekurangan dari kandang bentuk ini adalah sifatnya yang rentan menjadi penyebar penyakit yang cukup ganas. Karena kotorannya yang menjadi satu dengan kotoran dalm jangka waktu sekian hari memungkinkan bakteri dan jamur bisa menjangkiti puyuh.

Kemudian, bagaimana dengan kandang box tingkat? Apasaja keuntungannya jika dibandingkan dengan kandang postal? Dari segi tempat, jelas kandang bentuk box tingkat lebih hemat tempat. Karena luas yang dibutuhkan dikonversi dalam bentuk luasan keatas. Bukan luasan kesamping.

Keuntungan lain dari kandang box adalan sifat resistensinya terhadap penyakit lebih minim. Karena kotoran puyuh berpisah dengan makanan puyuh yang terjadi jika kandang tersebut berbentuk postal.

Namun begitu  dibalik kelebihan-kelebihan tersebut terdapat juga kekurangan kandang berbentuk box bertingkat. Yang paling utama adalah terbuangnya pakan yang dicekeri oleh puyuh tersebut. Kecuali kita bisa membuat sistem tempat pakan yang bisa meminimalisir puyuh membuang pakannya.

Nah, sekarang kembali ke budget yang dipunya oleh peternak. Terutama bagi peternak yang masih coba-coba. Apakah punya lahan yang cukup luas untuk membuat kandang postal? Jika tidak, maka silahkan menggunakan kandang berbentuk box. Atau jika ini masih memungkinkan over budget, maka beli saja puyuh pullet (umur 30 hari) yang siap bertelur.
Ok, semoga bermanfaat....  

Referensi:






Tidak ada komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();