3 Kesalahan Fatal Dalam Self Mixing (Mencampur Pakan Sendiri) Pakan Puyuh

pakan puyuh, self mixing, pakan, ternak puyuh

Salah satu biaya produksi terbesar dalam beternak puyuh adalah biaya pakan. Karena setiap hari puyuh butuh asupan nutrisi yang cukup untuk menghsilkan telur. Karena itu pakan dalah salah satu kunci penting dalam beternak puyuh.

Kalau bicara standart, maka pakan buatan pabrik yang biasa kita beli itu adalah pakan yang paling tersetandart didunia. Karena itu, kalau mau “bener” kasih puyuh kita pakan tersebut. Nggak usah dicampur-campur lagi.

Tapi kita kan maunya biaya produksi menurun, tapi hasilnya (outputnya) tetap atau bahkan naik. Lantas kita campur lagi deh pakan yang sudah ada itu. maunya sih biar untung. Tapi ternyata malah tidak sedikit yang buntung. Tanya kenapa? Sabar, nanti kita akan coba jelaskan dibawah ini.

1. Ilmunya Cuma ikut-ikutan
Dimanapun itu, dalam rangka sukses dunia atau akhirat pun, kunci pertama-tamanya adalah ilmu. Pengetahuan. Pengetahuan itu bisa didapat dari berbagai cara, bisa dengan cara berguru kepada ahlinya, bida dengan membaca, atau bisa juga dengan cara uji coba.

Celakanya, banyak dari kita yang ingin langsung potong kompas. Ikut-ikutan tanpa ingin tahu kenapa dan kenapa. Giliran produksi puyuhnya ngedrop, baru deh kelimpungan.

Kita aja ni, kalau mau gagah perkasa juga harus belajar, apa yang kudu di konsumsi. Sebanyak apa. Belinya dimana. Puyuh juga begitu. Butuh tahu untuk memahaminya.






2. Nggak Tahu standart Nutrisi
Dijaman yang serba virtual seperti sekarang, kita tak perlu susah payah mencari tentang informasi apapun. Bahkan hanya sekedar mencari nama kucing tetangga, atau mencari jalan dipojok-pojok dunia.
Pun, begitu dengan nutrisi puyuh. ada banyak literatur di internet yang menyediakan informasi tentang hal tersebut. Baik itu yang berbahasa Indonesia ataupun bahasa luar angkasa.

3. Malas Belajar
Kamu tahu kenapa media sosial semacam FB menyediakan fitur Group di aplikasinya? Ya biar orang yang punya hobi yang sama, punya kesukaan yang sama bisa berkumpul, dan berbagi pengetahuan. Bukan cuman ngomong dan share gambar-gambar jorok.

Kamu tahu group peternak puyuh Tulungagung, Blitar, Kediri yang anggotanya udah hampir 15 ribu itu? kamu tahu kalau di group itu ada fitur “File”nya? Kamu pernah membuka?
Yaelah, nggak pernah? Lalu apa aja yang selama ini kamu liat disana? Gambar-gambar jorok itu? For your Information, di group tersebut sudah ada beberapa file yang penting. Salah satunya ada aplikasi excell yang mempermudah kita membuat pakan sendiri.

Dengan aplikasi itu, hanya dengan memasukkan jumlah pakan yang aka kita campur, kita sudah bisa melihat hasil perkiraan nutrisi yang kita dapat. Dan itu simpelnya minta ampun.

Selain itu disana juga ada ebook DUNIA PUYUH berbentuk aplikasi android yang bisa kita gunakan sebagai bahan belajar beternak puyuh.







Tidak ada komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();