Cara Beternak Puyuh

cara beternak puyuh


            “Puyuh? apa sih itu? benda padat? Gas? Atau nama makanan?” Kalau jaman gadget china banjir gini masih nggak tau puyuh doang mah itu ketinggalan jaman pakai bingit. Karena tinggal mbisikin kotak ajaib gugel, tunggu sebentar, “byar” semua data tentang puyuh akan meluncur segera. Tanpa jeda

            Cuman masalahnya, sekarangan banyak yang kepo masalah mahkluk yang satu ini. Mullai dari yang nanya harganya, nanya caranya beternak, dan nanya-nanya aja pokoknya. Ya kagak mengapah. Namanya juga usaha.

            Kalau ada yang bertanya “cara beternak puyuh itu gimana sih?, gampang nggak?” ya udah ane jawab aja:”gampang”, (koma) asal mau belajar dan tau ilmunya. Yang susah mah buat dunia seisinya ini. Kalau itu, cuman Allah yang bisa. Tuhan bagi puyuh yang sedang kita bicarain ini juga.

            Ok, yuk mulai masuk pembahasan. Kembali pada pertanyaan awal penciptaan dunia, hehe, “bagaimana cara beternak puyuh?” untuk menjawabnya, mari kita perhatikan penjelasan berikut.

1.      Siapkan kandangnya

Salah satu yang kita butuhkan untuk memulai beternak adalah kandang. sama seperti sapi dan singa yang juga butuh kandang saat dipelihara. Puyuh juga sama.

Jenis kandang bisa macam-macam, mulai dari yag berbahan bambu, kayu, besi juga ada. Terserah manapun yang kamu suka.

2.      Siapkan batreinya
Batrei juga salah satu perangkat wajib untuk yang mau beternak puyuh. jenis dan bahannya juga macam-macam. Ada yang vertikal keatas. Vertikal menyamping, dan seterusnya.






Ini buka batrei elektronik itu lho ya. Batrei buat isian puyuh yang kotak-kotak kayak tempat ayampetelur itu.

3.      Siapkan bibit.
Bibit yang dimaksud disini adalah bibit puyuh yang akan digunakan. Mau yang apa? Soalnya ada banyak jenis sekarang. Ada lokal, ada bangkok, ada blexi dan ada yang buatan pabrik.

Silahkan kalau mau buat yang mulai dari umur 0 hari jika sudah belajar manajemen kandang dan perawatan. Silahkan baca-baca tulisan saya yang pernah saya share disini juga tentang bagaimana merawat dan memilih benih untuh puyuh yang akan kita ternakkan.

4.      Duit
Karena ternak puyuh itu adalah jenis usaha yang  capital based atau usaha yang butuh modal uang, maka kita juga harus siapkan dana untuk ini. 1000 ekor pertama sekitar 12 juta. Tergantung jenis puyuh dan model kandangnya.

Nah, kalau semua yang diatas sudah, jangan lupa Doa. Karena rejeki Allah yang atur. Semua sudah dicatat lengkap. Tinggal usaha maksimal. Sisanya, serahkan pada Allah.





Tidak ada komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();