Saatnya Move On Dari AGP*

Move On Dari AGP

Antibiotic Growth Promotor adalah antibitic dalam dosis rendah yang di campur dalam pakan dengan tujuan mematikan bakteri merugikan dalam saluran pencernaan ayam, dan antibiotic dosis rendah yang di berikan secara terus menerus menimbulkan efek growth promotor atau pemicu berat badan (menaikkan berat badan)

Tetapi sesuai dengan kebijakan WHO agar adanya pengurangan penggunaan antibiotik yang berlebih pada peternakan dan perikanan, maka pemerintah indonesia dalam pasal 22 ayat 4 huruf c Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014, menyebutkan bahwa melarang penggunaan pakan yang dicampur hormon tertentu dan/atau antibiotik imbuhan pakan.

Larangan penggunaan AGP baru terlaksana per Januari 2018.

Maka dari itu pabrikan pakan ternak mulai menggunakan bahan alternatif sebagai pengganti AGP seperti : Probiotik, Prebiotik, Acidifier, Enzim dan Herbal ( seperti : minyak essential)

1. Probiotik
Probiotik merupakan bakteri baik untuk saluran pencernaan, yang memiliki fungsi menekan pertumbuhan bakteri yang merugikan dalam saluran pencernaan dan juga dapat mengurangi produksi racun dan menurunkan produksi amonium dalam saluran pencernaan. contoh probiotik seperti : Lactobacillus sp dan Bifidobacteria thermophilum.

2. Prebiotik
Prebiotik adalah oligosakarida yang digunakan sebagai substrat untuk merangsang pertumbuhan bakteri yang menguntungkan. pengertian lain dari prebiotik adalah makanannya dari probiotik (bakteri yang menguntungkan).

3.Acidifier
Acidifer atau asam organik di tambahkan dalam pakan utk meningkatkan peforma ternak melalui penurunan keasaman dalam saluran pencernaan sehingga terciptanya lingkungan yang sesuai bagi pertumbuhan bakteri yang menguntungkan dalam saluran pencernaan.

4. Enzim
Enzim adalah senyawa protein yang berfungsi sebagai katalisator untuk mempercepat reaksi pemecahan senyawa-senyawa yang komplek menjadi sederhana. contoh enzim antara lain : Xylanase dan ß-glucanase adalah enzim yang digunakan pada ternak monogastrik untuk meningkatkan daya cerna ternak dan Phytase sebagai enzim yang mampu meningkatkan penyerapan posphor.

5. Herbal
Merupakan bahan-bahan herbal yang mengandung minyak essential yang memiliki fungsi antioksidan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. contohnya yang sering kita temui seperti bawang putih dan kayu manis. Penambahan minyak esensial dalam pakan ternak dapat memperbaiki performa ternak melalui meningkatnya nafsu makan ternak, stimulasi antiseptik dan antioksidan.

Tanya jawab.

Pertanyaan:
Apakah daun pepaya bisa dijadikan bahan prebiotik??

Jawab:
Kalo probiotik tidak, tetapi malah bisa sebagai anti bakteri karena semua daun yg punya rasa pahit rata” memiliki kandungan tanin, glavanoid dan saponin dimana tanin memiliki sifat anti mikroba, tetapi efektifitas sebagai antibiotik dalam daun pepaya harus melalui proses penelitian dahulu jd saya blm bisa menjanjikan daun pepaya efektif atau tidaknya.

Dengan adanya penggantian AGP dengan bahan yg saya sebutkan di atas memang akan berpengaruh pada ternak karena bahan” pengganti bersifat bakteriostatik (hanya menghambat pertumbuhan bakteri jahat pada saluran cerna) sedangkan antibiotik / AGP dapat bersifat bakteriostatik dalam dosis rendah dan bakterisid (membasmi semua bakteri yg bersifat merugikan) pada dosis tinggi.

Solusi peternak adalah
1. management kandang meliputi kebersihan dll
2. program vaksin rutin
3. cek kesehatan rutin bila perlu hubungi dokter hewan

Pertanyaan:
Apa perbedaan yg spesifik antara antibiotik yg d jadikan AGP dg antibiotik treatment pak. 
Apakah bisa kita jadikan antibiotik treatment untuk agp dg dosis yg sangat kecil (dosis agp)?

Jawab:
Sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan utk terapi antibiotik karena menyangkut efektifitas antibitok terhadap jenis infeksi bakteri nya. utk metronidazol sendiri sebaiknya dihindari utk terapi pada hewan karena efek karsinogeniknya.

Tetapi perlu diingat semua probiotik sebenernya sama entah kandungannya Lactobacillus sp atau Bifidobacteria thermophilum ataupun jenis bakteri probiotik lain sebenernya sama saja tergantung objek/ ayamnya, istilahnya jodoh” an atau cocok”an, cuma menurut penelitian di UGM jenis lactobacillus sp. lebih tahan hidup di salauran pencernaan ayam.

Pertanyaan:
So far, setelah AGP ilang banyak keluhan dr ternak yg produksinya turun. Jadi gmn ni dokter cara mengembalikannya??

Jawab:
Jadi gini dengan dicabutnya AGP dan diganti dg bahan lain yg saya sebutkan di atas, pasti banyak kasus pd pencernaan unggas jika bahan pengganti tidak dpt mengcover bakteri yang merugikan sehingga lama kelamaan akan menimbulkan infeksi shg fili usus rusak dan penyerapan nutrisi pakan tergannggu, ketika unggas/hewan kekurangan nutrisi maka sistem kekebalan tubuh juga tidak maksimal, nah disini akan muncul banyaknya infeksi virus, bakteri lain bahkan jamur.

Produksi turun bisa karena penyerapan nutrisi terganggu karena infeksi bakteri saluran cernaa yg merugikan sehingga ayam kurang asupan dan metabolisme nya terganngu dan berpengaruh pd produksi perharinya, bisa juga infeksi virus yg saya jelaskan di atas.

Solusi cek kesehatan rutin, management kandang, bisa juga cek titer antibodi utk meyakinkan adanya infeksi virus atau tidaknya.

*Drh. Rizal (Technical Service PT. Sierad Produce Indonesia)

1 komentar:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();