3 RAHASIA PENTING KENAPA MEREKA BISA BERTAHAN DITENGAH BADAI GULUNG GEMAK

harga telur puyuh, jual beli telur, telur puyuh grosir, telur puyuh murah

Menjadi bakul pakan ternak sekaligus bakul telur menuntut kita untuk banyak berkunjung dan menjumpai para peternak. Baik itu peternak pemula yang sering kali kena apes karena dapet pullet yang kurang bahagia maupun mereka yang bertahan bertahun-tahun lamanya.
Menghadapi peternak yang berbeda juga sering kali nggak enak hati, antara memperjelas fakta atau masa bodoh dengan masalah mereka, asal jualan kita laku aja.
Tapi sering kali saya memilih yang pertama: Menjelaskan fakta tentang COST AND BENEFIT (untung-rugi) beternak puyuh agar sepedih apapun kenyataan yang dihadapi, itu bukan mimpi. TAPI NYATA.
Berbeda dengan mereka yang sudah terbukti survive, kalau kita bertemu dengan mereka kita cenderung mendengar rahasia dan modeling mereka, sehingga kita bisa ngepoin habis ilmunya.
Dari beberapa pertemuan dengan mereka kita bisa simpulkan 3 alasan utama kenapa mereka bisa bertahan bahkan cenderung berkembang saat yang lain berguguran.
1. Ilmu
Seberapa sering kamu mendengar pertanyaan: "Cara ngoplos pakan yang benar itu gimana sih?" Atau "Kok kohe puyuhku cair begini ya, apa sebabnya? Atau "Harga telur ditempatku kok murah banget, kenapa ya?"
Kalau di group WA ataupun Facebook pertanyaan yang kayak gitu sudah sangat sering muncul. Hampir tiap hari malah. Atau sehari tiga kali kayak orang minut obat sakit hati?
Yang saya amati mereka yang servive justru kebalikannya. Mereka punya mentor sebelum ternak, baik offline ataupun online. Jadi Kalau ada yang gk beres dengan hal teknis dasar, mereka bisa dengan gampang mengatasinya.
"Loh bang, saya juga baca buku kali. Saya juga baca-baca artikel di online sebelum ternak, tapi ya gitu-gitu aja tuh?" Mungkin ada yang mbatin begitu.
Nah, itulah point penting mentoring.
Di dunia ini ada beberapa ilmu yang bisa kita dapat hanya dengan melihat dan membaca. Contoh: Kamu membaca resep cara membuat sate ayam. Lalu kamu praktikkan persis dengan panduan dan berhasil. Ilmu seperti ini cukup hanya dengan membaca.
Dilain waktu kamu membaca dasar-dasar main saham, hatam. Bahkan untung terus pake duit virtual. Tapi pas terjun langsung, eladalah, boncos terus.
Hal ini juga yang coba kita terapkan pada calon peternak baru. Mentoring, agar mereka tak salah jalan. Terutama basic skill beternak.
2. Inovasi
"Selama beternak berapa harga pakan paling murah yang bisa kamu buat? 5500, 6000/kg?"
"Pernahkah kamu mencoba menjamurkan pakan untuk mengoptimalkan serapan nutrisi di pencernaan puyuh?"
"Pernahkah kamu mencoba membandingkan puyuh jantan dan betina hasil FS dengan hanya melihat bulu sayap DOQ umur 3 hari?"
Yup, kita mesti akan bilang itu ribet lah, nggak efektif lah, dan alasan lain.
Disisi lain mereka bersemangat melakukan percobaan2 semacam ini. Dan nyatanya mereka bertahan bahkan berkembang disaat harga pakan naik.
Semangat inilah yang dulu coba diwariskan oleh kang thomas alfa edison saat membuat bohlam lampu ajep2 seperti yang kita lihat sekarang. Luar biasa lho itu perjuanganya. Dipercobaan seribu kali sekian baru kang alfa berhasil menemukan bohlam yg kita pakai sebagai penghangat anakan puyuh itu.
3. Manajemen Keuangan
Kita kalau lihat peternak yang naik mobil bagus, rumah luas, puyuhnya ribuan itu sering kali ngebayagin "Wah, enak ya bisa jadi mereka"
Padahal dibalik semua itu, mereka pernah mengalami pedih yang sama dengan kita, bahkan lebih. Bahkan tak terhitung banyaknya yang lulusan kerja di luar negeri.
Mereka bisa begitu karena punya manajemen keungan yang baik.
Baik itu artinya bukan berarti tidak punya utang. Utang tetep, tapi dengan rasio terjaga.
Mereka bukan orang yang selalu mengandalkan income dari pertanyaan: "Puyuh seribu hasilnya berapa ya?" lalu malas kerja jika dijawab 50 ribu rupiah rata2 perharinya.
Padahal puyuh 1000-5000 bisa disambi kerja kemana2. Jualan bakso/cilot sore harinya. Ikut kerja disawah (manjing) pagi hari. Apalagi jualan online. Wah masih bisa pake bingit.
Dalam forum yang terhormat ini sekaligus saya sampaikan terima kasih untuk mereka yang daftar kuliah online tapi tidak kebagian Quota. Mohon maaf karena keterbatasan tempat.
Tapi untuk kamu yang belum kebagian kuota pakan murah SQ 101, tenang, stok masih banyak.
SALAM CINTA DAN SAYANG😍
DUNIA PUYUH
085790380475/081331190165

Tidak ada komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();