Apa Saja Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beternak Puyuh Bagian 2

Jika pada artikel bagian pertama Dunia Puyuh sudah membahas tentang pilihan-pilihan antara kemitran atau solo karir, full time atau second job, maka yang tidak kalah penting dipikirkan adalah tentang jenis puyuh yang akan kita ternakkan. Puyuh Petelur Atau Pedaging ya?

Puyuh Pedaging Atau Petelur
Daging puyuh yang mempunyai cita rasa yang lembut dan gurih menjada daya tarik kuliner di beberapa tempat. Mulai dari yang menjualnya hanya dengan menu goreng-bakar, sampai kedai dengan pilihan menu yang variatif. Seperti puyuh saos sate, puyuh rica-rica, puyuh krispi, lodho puyuh dan lain-lain.

Kuliner daging puyuh menggunakan daging puyuh sebagi bahan dasarnya. Dari sini kita bisa melihat peluang untuk masuk ke bisnis ini (bukan puyuh konsumsi). Hanya saja, sekalipun sekarang ada jenis puyuh pedaging yang memang punya tubuh bongsor, akan tetapi harganya bisa 2 -3 kali lipat burung puyuh tua (afkir).

Didaerah jawa timur, kebanyakan kuliner daging puyuh yang ditawarkan masih di dominasi oleh daging puyuh afkir. Alasanya cukup logis, karena harga puyuh afkiran lebih murah. Namun, di daerah-daerah tertentu yang mempunyai industri wisata, kebanyakan menu daging puyuh yang di jual adalah daging puyuh pedaging.

Jika ada yang bertanya apakah ada bedanya antara daging puyuh afkir dan daging puyuh pedaging, maka jawabannya jelas ada. Dari segi usia, puyuh afkir lebih tua. Otomatis dagingnya alot (keras). Sementara puyuh pedaging, dengan rata-rata umur 2 bulan panen, dagingnya lebih empuk. Kalau mau gampang, memilih puyuh petelur sebagai pilihan usaha sangatlah tepat. Karena selain banyak temannya, juga banyak pengepul yang siap menerima hasil dari budidaya puyuh petelur.





Breeding, Pullet Atau Petelur?
salah satu lini bisnis perpuyuhan yang sekarang ramai selain peternakan puyuh petelur adalah breeding (indukan). Lini bisnis ini cukup menjanjikan, karena breeder pabrikan unggas belum masuk ke pasar ini. Karena itu, beberapa tahun terakhir ini lini breeder ramai diminati oleh para pemain bisnis perpuyuhan.


Sebagai pemula, mungkin kita akan berpikir lini breeder adalah bisnis yang rumit. Harus tahu apa istilah seperti parent stock, F1, F2 dan , auto sexing colour dan lain sebagainya. Tapi jangan khawatir, sekarang banyak kok para breeder yang menjual hasil silangannya ke konsumen. Skalanya juga gak harus besar. Mau beli cuman 100 ekor juga boleh. Hanya yang perlu diperhatikan adalah, cari bibit indukan dari suplier yang sudah terbukti kualitasnya. Karena jika tidak, bisa-bisa malah kena tipu.

Salah satu turunan lain yang sedang “in” dalam lini bisnis puyuh adalah pullet.Pullet adalah istilah untuk unggas yang berumur dewasa dan siap untuk produksi. Lini bisnis ini cukup menjanjikan juga. Umumnya para pemula dalam bisnis puyuh tidak mau ambil resiko kematian dengan memelihara Day Old Quail (Bayi puyuh) yang masih berumur sehari.

Jika dulu umur rata-rata pullet adalah 30 hari baru di jual, sekarang ternyata pasar punya ketertarikan yang berbeda. Sudah mulai banyak para pulleter yang menawarkan produk pullet mulai umur 3 hari, 7 hari, 2 minggu, dan 3 minggu. Dari segi biaya memang memebeli pullet lebih mahal. Rata-rata kisaran harga normal adalah 5000-6000 per ekor untuk yang biasa dan blester.Sedangkan untuk peksi, biasanya harganya dia atas 6000 untuk puyuh umur 30 hari.

Dari beberapa pertimbangan diatas, semoga anda yang ingin berternak puyuh sudah punya gambaran akan masuk ke lini bisnis yang mana. Semoga bermanfaat


Puyuh Krispy
puyuh
Karkas Puyuh
puyuh
Catering
puyuh

    Puyuh Queen Menyediakan:
  • 1. Karkas Puyuh
  • 2. Catering
  • 3. Karkas Ungkep
Berminat? Silahkan Hubungi kami by WhatsApp 085790380475

Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu



Bakar batu (Lava Grill)
Bakar batu adalah inovasi pangang memanggang. Bisa digunakan untuk membakar ayam, ikan, daging, sossis dll
Berminat? hubungi WhatsApp 085790380475










Kerintang, Keriting Kentang dengan berbagai varian Rasa
1. Rasa Bawang putih ebi
2. Rasa pedas ajah 3. rasa pedas manjah

Berminat? hubungi WhatsApp 085790380475

</!doctype html>

Tidak ada komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();