4 Kunci Penting Beternak Puyuh


kunci beternak puyuh, dunia puyuh, self mixing
Sekitar 6 bulan lalu kami para customer salah satu poultry shop di daerah Wonondadi mendapat berkah luar biasa manfaatnya; voucer company visit disalah satu pabrik pembuat pakan dan produk olahan ayam terbesar di Indonesia. Japva-Comfeed Company.

Japfa Adalah salah satu pabrik pakan puyuh dengan Brand Puyuh Starter dan Pakan Puyuh Petelur. Terletak di kota Sidoarjo pabrik ini menempati berhektar-hektar tanah untuk produksi pakan, penyimpanan bahan baku, dan juga kantor pemasaran.

Dunia Puyuh  beserta rombongan sampai pabrik sekitar jam 11.00 siang. Turun dari bis, kami langsung diajak ke tempat pertemuan dikantor utama pabrik tersebut. Tidak berselang lama acara dimulai, dan materi yang diterangkan pada waktu itu adalah 3 kunci penting beternak unggas. Apakah itu?

1. Pemilihan Bibit 
Salah satu unsur paling penting dalam beternak unggas, termasuk juga puyuh adalah pemilihan bibitnya. Khusus untuk puyuh, pabrik yang secara khusus mengeluarkan/ menjual Day Old Quail (DOQ) adalah PT. Peksi gunaharja. Selebihnya adalah DOQ yang dijual oleh koperasi dan pribadi.

Soal siapa yang paling disenangi dari pihak yang menerbitkan/atau menjual itu tergantung selera konsumen. Mau membeli dari pabrik ataupun pribadi itu sah-sah saja. Asalkan konsumen bisa memastikan bahwa DOQ tersebut adalah bibit berkualitas.

Untuk melihat keuntungan memelihara DOQ sendiri bisa dibaca disini

2. Bio Security 
Faktor kedua kunci sukses beternak puyuh adalah bio security. Bio security adalah sebuah istilah untuk menyebut cara pemeliharaan kepada puyuh dan lingkungan dimana puyuh tersebut dipelihara. Mulai dari vaksinasi untuk mencegah sampai dengan bagaimana cara mengobati ketika terinfeksi penyakit atau virus.

Bio Security ini penting bagi puyuh, karena umumnya puyuh lebih gampang terkena penyakit/mati jika dibanding unggas lain seperti ayam ataupun bebek. Jadi jadwal vaksinasi, kebersihan kandang, sterilisasi, juga vitamin yang bisa menjaga daya tubuh puyuh sangat perlu diperhatikan agar puyuh sehat.

3. Pakan
Faktor ketiga yang tidak kalah penting bagi suksesnya beternak puyuh adalah manajemen pakan. Pakan apa yang ingin kita pakai, dari pabrik mana, samapai dari pertimbangan apakah mau memakai pakan engkel atau self mixing juga penting diperhatikan.

Catatan penting bagi peternak yang disampaikan oleh pengisi seminar di Japfa adalah soal inkonsistensi para peternak. Biasanya, karena terdorong mendapat keuntungan yang lebih banyak, peternak akan mengakali dengan membeli pakan dengan kualitas yang lebih rendah. Hal ini akan menjadi sia-sia ketika pakan yang diberikan pada puyuh tidak memenuhi standart nutrisi yang dibutuhkan oleh puyuh.

Agar tidak salah dalam mencampur pakan sendiri dengan benar, silahkan baca ulasannya disini.

4. Manajemen Keuangan 
Dari Keempat faktor sukses beternak puyuh mungkin faktor terakhir ini yang seringkali amburadul. Sebaik apapun produksi puyuh, baik kualitas maupun kuantitas, semua tidak akan ada gunanya jika manajeman keuangan yang buruk.

Katakan hari ini harga telur sedang baik-baiknya. Karena megang uang yang lebih dari biasanya akhirnya peternak menjadi konsumtif. Kredit ini lah, beli itu lah, sehingga uang yang seharusnya digunakan untuk cadangan ketika harga turun menjadi tidak ada.

Maka, mau punya puyuh sejuta ekor pun peternak akan tetap bangkrut manakala pengeluaran lebih banyak dari pemasukan. Besar pasak dari pada tiang. Semoga bermanfaat.


Puyuh Krispy
puyuh
Karkas Puyuh
puyuh
Catering
puyuh

    Puyuh Queen Menyediakan:
  • 1. Karkas Puyuh
  • 2. Catering
  • 3. Karkas Ungkep
Berminat? Silahkan Hubungi kami by WhatsApp 085790380475

Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu


Bakar Batu
bakar batu



Bakar batu (Lava Grill)
Bakar batu adalah inovasi pangang memanggang. Bisa digunakan untuk membakar ayam, ikan, daging, sossis dll
Berminat? hubungi WhatsApp 085790380475










Kerintang, Keriting Kentang dengan berbagai varian Rasa
1. Rasa Bawang putih ebi
2. Rasa pedas ajah 3. rasa pedas manjah

Berminat? hubungi WhatsApp 085790380475

</!doctype html>

2 komentar:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();